TINJAUAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN PERSPEKTIF ISLAM

(Studi Kasus Pada Pedagang di Pasar Aceh)

Penulis

  • Yusniar Yusniar STAI Tgk. Chik Pante Kulu, Banda Aceh

Kata Kunci:

Social Media. Marketing Communication, Islamic Entrepreneurship

Abstrak

Peran media komunikasi yaitu media sosial menjadi penting dalam berbagai bidang kegiatan, tidak terkecuali pada kegiatan berbisnis. Penggunaan media sosial dapat lebih efektif untuk melakukan komunikasi pemasaran oleh pedagang. Pada penelitian ini yang menjadi responden yaitu pedagang pakaian di pasar Aceh, dimana kegiatan pedagang di pasar Aceh terjadi secara sederhana, pertemuan langsung antar pedagang dan pelanggan. Dan pasar Aceh sebagai pusat perbelanjaan masyarakat di Banda Aceh dan sekitarnya, namun demikian apakah efektif penggunaan media sosial untuk  komunikasi pemasaran pedagang. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Penggunaan Media Sosial (X) sebagai Efektivitas Komunikasi Pemasaran (Y) pada Pedagang di Pasar Aceh dalam Pandangan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, adapun sumber data penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari penyebaran koesioner. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden, model yang digunakan yaitu model regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial (X) berpengaruh signifikan terhadap efektivitas komunikasi pemasaran (Y).

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-12

Cara Mengutip

Yusniar, Y. (2022). TINJAUAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN PERSPEKTIF ISLAM: (Studi Kasus Pada Pedagang di Pasar Aceh) . AL-ILMU : Jurnal Keagamaan Dan Ilmu Sosial, 8(2), 19–36. Diambil dari https://ejournal.stisasabang.ac.id/index.php/AJKIS/article/view/17