HUBUNGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PRESTASI DI STIS DAYAH AMAL
Kata Kunci:
Mata pelajaran Kooperatif, Bacaan dan Komposisi Terintegrasi Koperatif, Hasil Belajar.Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperjelas bagaimana hubungan pembelajaran kolaboratif menggunakan model CIRC dalam pendidikan agama Islam. Karena proses mata pelajaran teacher-centric masih merupakan hasil identifikasi masalah dalam penelitian ini, penelitian ini menunjukkan dampak terhadap hasil belajar ketika ini menggunakan model mata pelajaran Case Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Jenis survei ini adalah survei deskriptif kualitatif. Kemudian dengan menentukan sampel yang diinginkan, digunakan tes objektif (pre-test dan post-test) dengan populasi 273 dan 30 sampel untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik validasi data terhadap sumber, kecukupan evaluasi, dan partisipasi dalam survei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model CIRC untuk mata pelajaran kolaboratif efektif dan memberikan dampak positif bagi prestasi siswa, seperti kolaborasi kelompok, aktivitas, reaksi dalam diskusi, menulis catatan, dan mengungkapkan pendapat dalam diskusi. Selain itu, juga meningkatkan sikap siswa terhadap nilai-nilai agama.