Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Santri di Dayah Mahyal Ulum Al-Aziziyah Aceh Besar

Penulis

  • Intan Mauliza Universitas KH Abdul Chalim

Kata Kunci:

Manajemen Kurikulum, Pondok Pesantren, Karakter Santri

Abstrak

Penelitian ini membahas manajemen kurikulum Pondok Pesantren Mahyal Ulum Al-Aziziyah Sukamakmur dalam membentuk karakter santri di tengah tantangan globalisasi dan modernisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum pesantren dalam pembentukan karakter santri. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, dengan uji keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum mencakup penyusunan program kegiatan, strategi pembelajaran, dan pengelolaan sumber dana. Pelaksanaan kurikulum diwujudkan melalui kegiatan seperti sorogan, syawir, shalat berjamaah, dan pengajian kitab kuning. Evaluasi dilakukan setiap bulan dan per semester melalui berbagai kegiatan, termasuk tes membaca manaqib, untuk menilai perkembangan karakter santri agar menjadi lebih baik.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-11

Cara Mengutip

Mauliza, I. (2024). Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Santri di Dayah Mahyal Ulum Al-Aziziyah Aceh Besar . AL-ILMU : Jurnal Keagamaan Dan Ilmu Sosial, 10(1), 1–12. Diambil dari https://ejournal.stisasabang.ac.id/index.php/AJKIS/article/view/28